Saturday, October 3, 2015

Tips Meningkatkan Performa iPhone Lama

Memiliki ponsel sekelas iPhone sudah membawa poin penting dalam berkomunikasi, paling tidak dengan memakai iPhone menunjukkan kelas yang berbeda dengan orang pada umumnya. Meski kini iPhone telah banyak mengeluarkan generasi terbarunya, tidak sedikit pula yang masih menyimpan iPhone lama miliknya. Alasan karena terlanjur telah menyatu dengan iPhone miliknya atau karena ada history tersendiri dalam diri iPhone miliknya.

Tips Meningkatkan Performa iPhone Lama

Nah bagi Anda yang masih 'eman-eman' dengan iPhone lama, berikut ada beberapa tips agar performa iPhone tetap prima meski telah dimakan usia.

Ganti casing
Keluarkan anggaran sedikit untuk memperbaiki fisik luar dengan casing yang lebih bersih dan fresh. Maka iPhone Anda akan menjelma menjadi iPhone like new lagi.

Bersihkan file foto dan video
Kelemahan dari kamera seperti iPhone adalah gambar berkualitas tinggi yang ditangkapnya memenuhi hard drive secara cepat. Maka, rajin melakukan back up foto dan video, serta menghapusnya dari iPhone Anda adalah suatu keharusan.
Hapus aplikasi yang memakan banyak ruang simpan
Pertama, jika Anda tidak terlalu sering menggunakan sebuah aplikasi, Anda dapat menghapusnya. Dari seluruh aplikasi yang cukup sering Anda gunakan, mungkin ada antaranya yang memiliki banyak data yang sebetulnya tidak penting. 

Buka tab usage dalam general settings, Anda dapat melihat, aplikasi mana yang paling sering Anda gunakan. Tampak jelas bahwa aplikasi foto, musik, dan podcast memakan banyak ruang simpan. Tetapi ruang simpan yang dihabiskan oleh aplikasi, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram mungkin lebih banyak lagi. 

Dari waktu ke waktu, iPhone Anda mungkin secara otomatis melakukan "pembersihan," yang mana tembolok (cache) dari sebuah aplikasi dihapus. Anda juga bisa proaktif membersihkan data yang tidak dibutuhkan. Menghapus dan kemudian memasang ulang aplikasi akan membuat iPhone Anda kembali bersih dan mengosongkan ruang simpan.

Hapus pesan teks lama
Meskipun tidak sama persis seperti menghapus dan memasang ulang sebuah aplikasi, Anda dapat menghapus pesan teks lama, yang mengambil sejumlah besar ruang penyimpanan pada iPhone Anda. Jika Anda tidak ingin melakukan hal ini sendiri, Anda juga dapat mengatur agar pesan teks di iPhone Anda dihapus setelah 30 hari.
Nonaktifkan 'Background App Refresh'
Jika Anda sering membuka banyak aplikasi dan tidak menutupnya lagi, aplikasi-aplikasi itu mungkin masih berjalan, bahkan meski Anda tidak menggunakannya. Sementara Anda bisa menutupnya satu per satu, lebih baik Anda menonaktifkan "Background App Refresh," yang dapat Anda temukan di pengaturan umum. 

Menonaktifkan penyegaran aplikasi memang tidak terlalu membuat perbedaan besar, tetapi untuk iPhone lama, ini patut dicoba.

Kurangi fitur animasi iOS
Versi terbaru iOS memiliki beberapa fitur menarik seperti Parallax, yang membuat pergeseran latar belakang iPhone saat Anda menggerakkan iPhone Anda. Tapi fitur ini tidak terlalu berguna.

Mematikan fitur-fitur ini akan membebaskan sedikit daya pemrosesan dan memperpanjang daya baterai. Cukup menuju ke accessibility di pengaturan umum, pilih 'Kurangi Pergerakan' atau 'Reduce Motion'. Di menu yang sama, ada pilihan 'Tingkatkan Kontras atau "Increase Contrast' yang akan membawa Anda ke beberapa pilihan pengaturan grafis. 

Nonaktifkan layanan lokasi yang tidak memerlukan GPS
Meskipun Anda bisa mengaktifkan fitur geotag untuk kicauan Anda di Twitter, menonaktifkan akses GPS untuk kebanyakan aplikasi dapat membantu daya baterai dan kecepatan iPhone Anda. 

Di menu iPhone, Layanan Lokasi (Location Service) dapat ditemukan di pengaturan privasi, Anda dapat memilih aplikasi mana yang menggunakan GPS dan seberapa sering aplikasi itu digunakan. GPS berguna untuk peta, aplikasi cuaca, dan aplikasi berbasis lokasi seperti Yelp.

Perbarui ke iOS 9
Selain membebaskan lebih banyak ruang, iOS baru juga menambahkan fitur seperti modus daya rendah yang menghemat daya baterai. Di samping itu, sistem operasi ini juga memiliki fitur pemblokiran iklan (ads-blocking) yang menghambat kecepatan berselancar, ditambah kemampuan untuk memastikan aplikasi duplikat yang digabungkan menjadi satu. 

Tentu saja, masih ada sejumlah ketidakpastian tentang pembaruan perangkat yang lebih tua ini, terutama perangkat setua iPhone 4S. Jika ponsel Anda sudah bekerja dengan baik, mungkin Anda tidak perlu melakukan pembaruan ini.
Lakukan restore
Jika Anda sudah mencoba segalanya, tapi ponsel lama Anda tetap tidak bertambah cepat, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk mengembalikannya ke pengaturan pabrik (factory reset, restore). Restore ini kemungkinan akan menghilangkan sebagian besar keluhan yang Anda rasakan selama Anda menggunakan iPhone Anda. 

Langkah ini akan benar-benar membersihkan, menghapus dan menyetel ulang hard drive dan RAM iPhone Anda. Namun, perlu diperhatikan, langkah ini tidak akan memperbaiki daya tahan baterai.

Semoga iPhone kesayangan Anda tetap fresh meski telah lama terpakai.

About this blog

Owen paijo

Admin Blog

Isi konten blog ini sebagai review guna menambah informasi tentang dunia gadget, bukan sebagai ajang iklan atau promosi.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Blog Mr. ROBO. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com