Friday, October 9, 2015

Hindari Keteledoran Saat Browsing Agar Tidak Mudah Dihacking

Apa jadinya bila data-data pribadi dan perusahaan diketahui oleh orang lain yang kemudian dijadikan untuk hal-hal yang tidak bertanggungjawab? Inilah ancaman yang akan muncul sebagai dampak keteledoran kita dalam berselancar di internet.

Sebab pada kenyataannya, kadang bukan karena piawainya para hacker dalam meretas, namun kadang justru karena kesalahan kita dalam berselancar. Jika memang demikian, sebenarnya apa saja keteledoran kita yang mempermudah hacker meretas akun milik kita ? Laman About merangkumnya sebagai berikut.

Hindari Keteledoran Saat Browsing Agar Tidak Mudah Dihacking

Menggunakan password yang sama untuk beberapa akun

Anda harus menghindari penggunaan password atau kata kunci yang sama untuk beberapa akun. Dilihat dari sudut pandang para hacker, hal itu justru sangat menguntungkannya. 

Artinya, jika satu akun berhasil diretas, password yang sama di akun-akun lainnya akan dengan mudahnya diakses oleh si hacker. Karenanya, pilihlah password unik dan kuat bagi masing-masing akun untuk mencegah hal itu terjadi.


Menggunakan enkripsi jaringan nirkabel yang lemah 

Jika Anda memiliki jaringan nirkabel di rumah Anda dan tidak mengenkripsinya, atau menggunakan enkripsi yang lemah, pada dasarnya Anda membiarkan siapa pun memiliki akses ke koneksi internet Anda. Di samping itu, Anda juga telah 'membantu' para hacker dengan membuka jalan bagi mereka untuk memata-matai lalu lintas jaringan Anda atau melakukan hal-hal buruk lainnya di koneksi internet Anda.

Pertimbangkan untuk mengganti enkripsi berbasis WEP yang sudah usang dengan menggunakan enkripsi berbasis WPA 2 dengan SSID name dan kata kunci jaringan nirkabel yang dapat disetel.

Menanggapi pesan pop-up dan atau e-mail tidak dikenal

Mengklik tautan di dalam e-mail yang tidak dikenal dan pesan pop-up adalah cara yang sangat cepat untuk membuat komputer Anda terinfeksi malware. Karena itu, sebaiknya Anda perlu menaruh kecurigaan tinggi terhadap e-mail yang tidak Anda kenal.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengaktifkan fitur pemblokiran pop-up pada peramban (browser) Anda dan juga mempertimbangkan menggunakan plug-in seperti NoScript untuk melindungi diri dari pop-up berbahaya.

Menggunakan OS dan Aplikasi yang tidak diberi patch

Hacker mengandalkan fakta bahwa banyak korban potensial mereka cenderung memiliki sistem yang tidak diberi patch, sehingga kerentanannya lebih tinggi. Hacker akan mengeksploitasi kerentanan untuk mendapatkan akses masuk ke komputer korbannya. Sebetulnya serangan semacam ini sering kali dapat dicegah, jika penggunanya menambal sistemnya dengan patch keamanan terbaru.

Aktifkan fitur 'auto-update' di sistem operasi Anda, sehingga komputer Anda secara otomatis dapat memasang patch keamanan segera setelah patch itu tersedia dari vendor sistem operasi Anda. Kemudian, tentukan pengingat kalender berulang untuk memeriksa update keamanan program atau aplikasi Anda lainnya. Waspadalah, terutama dalam mengelola aplikasi dan browser plug-in yang memiliki banyak interaksi dengan internet, seperti Adobe Flash, Acrobat, Java, dan sebagainya.

Hindari Keteledoran Saat Browsing Agar Tidak Mudah Dihacking

Mematikan Fitur Keamanan

Kadang-kadang pengguna menonaktifkan seluruh firewall di komputer mereka karena mengalami kesulitan dengan aplikasi tertentu yang terhubung ke internet. Karena itu, sebaiknya firewall cukup dinonaktifkan satu kali saja supaya program atau aplikasi yang dimaksud dapat berfungsi. Selanjutnya, pengguna mungkin lupa mengaktifkan kembali firewall setelah mereka selesai menggunakan aplikasi itu, atau mereka mungkin memutuskan bahwa masalah yang mereka kira disebabkan oleh firewall tidak sebanding dengan perlindungan yang ada.


Pada perlindungan antivirus, kadang-kadang fitur lainnya yang sering dimatikan di komputer. Beberapa orang mematikannya dengan harapan bahwa mematikan antivirus akan meningkatkan kinerja komputer untuk menjalankan permainan atau aplikasi lainnya yang memakan banyak sumber daya. Padahal, fitur keamanan ini melindungi komputer dan data dari bahaya. Antivirus sangat penting untuk keamanan secara keseluruhan.

Jika fitur keamanan atau aplikasi menyebabkan masalah, cobalah untuk menemukan akar masalahnya, bukan hanya menonaktifkan perlindungan Anda. Jika pemindai virus Anda memperlambat sistem Anda, pertimbangkan pemindaian sistem yang terjadwal di tengah malam, ketika Anda tidak menggunakan komputer Anda.

About this blog

Owen paijo

Admin Blog

Isi konten blog ini sebagai review guna menambah informasi tentang dunia gadget, bukan sebagai ajang iklan atau promosi.

8 comments:

  1. ilmu baru ilmu baru :D
    hahaha.. Lanjut baca dulu gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan...silakan...hehe..maklum blog sempat off 2 bulan, jadinya banyak yg krg update. moga 2016 bs on trs.

      Delete
  2. emg sering keteledoran kyk gini gan..itu penyebabnya ane jarang ngeblog di warnet

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, saya juga. gak pernah blogging di warnet. selain rawan, juga ga mudah muncul ide.

      Delete
  3. terima kasih informasinya mas... sangat bermanfaat

    ReplyDelete


iklan

 

Copyright © Blog Mr. ROBO. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com