Tuesday, September 1, 2015

Cara Uninstall Malware dari Device Android

Ada kemungkinan ketika Anda menginstall aplikasi baru, namun ternyata terinveksi malware tertentu. Atau mungkin teman Anda tidak sengaja mengklik sesuatu saat browsing di internet menggunakan Android milik Anda dan ternyata hasil klik itu mengandung malware. Akhirnya menyebabkan Android milik Anda lambat, loading lama dan bahkan sebagaian menu aplikasi tidak bisa terbuka karena terserang malware itu.

Cara Uninstall Malware dari Device Android

Apapun penyebabnya, yang jelas Android kamu terkena malware. Nah, ada cara mudah untuk menguninstall malware yang ada di device Android. Beriku tpenjelasnnya.

Langkah pertama : Lakukan booting ke safe mode
Proses booting ini nantinya akan menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga, termasuk malware. Ada beberapa cara untuk menuju ke booting safe mode. Namun biasanya dengan cara menekan lama pada power off, lalu pilih safe mode pada jendela pop up byang muncul. Klik "OK", maka device Android Anda akan booting ke safe mode secara otomatis.

Untuk perangkat dengan model baterai dilepas, secara sederhana hanya mencabut baterai, kemudian masukkan kembali. Jika telepon Anda tidak memiliki baterai dilepas, coba tekan dan tahan tombol daya selama 10 detik untuk memicu hard reset. Jika ini tidak berhasil, tekan dan tahan tombol power dan volume turun selama 10 detik.

Kemudian, saat perangkat booting kembali, Anda harus menekan kombinasi tombol perangkat keras untuk memaksa ke dalam Safe Mode. Bagi kebanyakan ponsel dan tablet, ini dapat dilakukan dengan menekan dan menahan kedua tombol volume saat perangkat booting up. Untuk perangkat model lama, tekan terus tombol menu hardware selama boot. Anda akan tahu Anda berhasil masuk ke Safe Mode ketika Anda melihat "Safe Mode" overlay di sudut kiri bawah layar Anda.

Langkah kedua : Uninstall malware pada aplikasi yang bermasalah
Setelah Anda berhasil boot ke Safe Mode, masuk ke pengaturan utama. Dari sini, pilih "Apps" atau "Aplications", maka aplikasi malware akan ditemukan di bagian "Downloaded".

Berikutnya, lakukan uninstall pada aplikasi yang terkena malware itu. Jika "Uninstall" tombol pada setiap aplikasi di bagian ini berwarna abu-abu, kemungkinan aplikasi telah diaktifkan sebagai administrator perangkat, yang berarti Anda harus menonaktifkan fungsi ini sebelum Anda dapat menghapus aplikasi. Jadi kembali ke menu pengaturan utama pada perangkat Anda, kemudian pilih "Security" pilihan. Dari sini, tekan "Device Administrator" masuk dan untick kotak di samping setiap aplikasi mencurigakan, maka Anda akan dapat menghapus aplikasi tanpa masalah.
Langkah Ketiga : Lakukan Booting Normal
Setelah aplikasi device yang bermasalah dengan malware berhasil dihapus semuanya, langkah terakhir adalah dengan booting ulang Android Anda ke booting normal. Jika aplikasi yang bermalasah dengan malware semua benar-benar sudah terhapus, hasilnya ANdroid Anda akan lancar seperti semula.

Demikian cara mudah uninstall device Android yang terinveksi malware. Selamat mencoba dan semoga bermnafaat.

About this blog

Owen paijo

Admin Blog

Isi konten blog ini sebagai review guna menambah informasi tentang dunia gadget, bukan sebagai ajang iklan atau promosi.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Blog Mr. ROBO. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com